Kamis, 31 Maret 2016

Tips memilih jurusan kuliah

Hai hai😀🎉
Wahh gak kerasa ya bagi siswa kelas 12 sebentar lagi akan lulus. Mungkin dari kalian sudah menentukan apa yang akan dilakukan setelah lulus . Biasanya ada 3 pilihan yang biasa aku sebut 3K .
K yang pertama adalah KULIAH , K yang kedua adalah KERJA , dan K yang ketiga adalahh adalahh KAWIN.semua tergantung pilihan kita . Yang pengen gali ilmu lebih dalam ya kuliah . Yang pengen punya pendapatan ya kerja . Atau yang pengen buru-buru punya momongan silahkan Kawin. Tapi aku sarin kalo baru lulus SMA jangan langsung kawin. Nikmatin masa muda dulu lah guys .
Tapi kali ini mitta hanya akan berbagi tips tentang milih jurusan kuliah , oke langsung sajahh

1 Niat yang Mantap
Bagi kalian yang mau kuliah tetapkan niat yg bener bener dalam hati . Karena niat itu adalah benih kesuksesan.
2 pilih jurusan yang sesuai bakat atau minat
Yang satu ini juga vital guys . Ya masa depan kalian akan dimulai dari sini  . Kalo kalian pengen jadi guru , jalian bisa masuk jurusan PGSD/PGMI/PGRA/PGPAUD atau Pendidikan : Kimia ,Fisika,bahasa inggris , bahasa Indonesia , ekonomi, dll.
Atau mungkin kalian suka seni bisa mili SENDRATASIK (seni drama tari dan musik). Masih banyak banget jurusan yg bisa kalian pilih, contoh kecilnya : Administrasi Negara , Ilmu Politik , Kedokteran , Sastra Inggris /Indonesia/prancis/jepang , ekonomi , akuntansi , perbankan , tekhnik sipil . Dan masih buanyak lagi. Aku rekomendasikan buat kalian pilih jurusan yang prospek kerjanya bagus dan lapangan pekerjaannya luas. Kalo kalian mau bisa ambil Tekhnik Nuklir . Itu jarang banget yang masuk situ .

3 pilih universitas
Kalau kalian udah milih jurusannya , langkah selanjutnya adalah pilih universitasnya . Tentunya pilih universitas yang didalamnya menawarkan jurusan yang kalian minat. Kalian bisa milih unversitas yang ada di daerah kalian , atau bisa juga ke luar daerah , sekalian blajar mndiri.
4 minta izin orang tua
Selanjutnya kalian harus diskusikan pilihan kalian ke orangtua atau wali kalian . Kalau mereka udah accept baru ke langkah selanjutnya .
5 Daftar !
Ini saat yang menyenangkan , yaitu daftarkan diri kalian di universitas yang kalian pilih   . Ada banyak jalur masuk universitas contohnya : SNMPTN , SBMTPN, MANDIRI ,dll.
Kalau bisa kalian juga bisa didaftarkan beasiswa, itung-itung meringankan beban orangtua.

Oke segitu aja dulu podtingan mitta kali ini . Kritik dan saran are very welcome. 😀
Salam semok !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar